RADAR MADURA, BANGKALAN – Hasil ujian nasional berbasis komputer (UNBK) jenjang SMA/SMK di Bangkalan pada 2017 sempat terpuruk. Terendah di Jawa Timur. Sementara untuk tahun ini diklaim membaik.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Timur (Jatim) Wilayah Bangkalan Arif Khamzah menyampaikan, untuk hasil UNBK SMA/SMK 2018 sudah membaik. Tidak lagi di posisi terendah.

Sayangnya, dia tidak bisa memberikan keterangan pasti mengenai nilai rata-rata UNBK di Bangkalan maupun peringkatnya. ”Sepengetahuan saya ada peningkatan tahun ini,” ujarnya Kamis (17/5).

Arif mengaku sudah rapat dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA/SMK. Semua data tentang hasil UNBK sudah diserahkan pada MKKS. Untuk itu, pihaknya tidak bisa menyebutkan angka nilai rata-rata hasil UNBK SMA/SMK serta peringkat Bangkalan di Jatim.

”Untuk bisa mendapatkan data yang valid bisa langsung ke MKKS. Saya takut salah kalau tidak lihat datanya,” dalihnya.

Tahun depan, pihaknya akan berupaya terus meningkatkan hasil ujian nasional di Bangkalan. Dengan demikian, kualitas pendidikan di Kota Salak bisa bersaing dengan kabupaten/kota di Jatim. ”Kami akan carikan cara untuk membantu siswa memperoleh hasil terbaik,” janjinya.

Sementara itu, Ketua MKKS SMK Bangkalan Kamus mengatakan, pihaknya juga belum mengetahui mengenai jumlah nilai rata-rata UNBK SMK. Begitu juga dengan peringkat kabupaten/kota se-Jatim. Dia mengaku belum memiliki data tersebut.

Kamus hanya menyatakan jika tahun ini nilai UNBK di Bangkalan sudah bangkit dari keterpurukan. ”Yang jelas, sekarang lumayan,” kata Kepala SMKN 3 Bangkalan itu. (bad/onk/han/bas)

By |2018-11-26T06:58:21+00:00May 18th, 2018|Uncategorized|

Leave A Comment